Monthly Archives: August 2020

16Aug/20

Mathematics Design Club

Mengapa desain grafis dianggap sangat penting?

Pertama kamu bisa dengan bebas mengekspresikan kreatifitasmu dalam bentuk gambar ataupun visual lainnya, dimana di dalamnya terdapat pesan atau gagasan yang ingin kamu sampaikan. Tentunya jika kamu semakin ahli, semakin besar juga peluang kamu untuk dilirik orang-orang yang membutuhkan skill kamu dalam hal desain. Bisa jadi suatu perusahaan akan mengapresiasi karya kamu dalam nominal yang belum pernah kamu bayangkan sebelumnya untuk mengembangkan image perusahaan tersebut. Semakin menarik desain yang kamu hasilkan semakin banyak pula keuntungan yang akan kamu dapatkan. Tak hanya untuk perusahaan, karyamu juga dibutuhkan dalam komunitas atau organisasi yang sedang memiliki acara tertentu. Jasamu akan sangat dibutuhkan di acara tersebut. Keuntungan selanjutnya sebagai seorang desainer, kamu bisa bekerja dimanapun dan kapanpun asalkan pekerjaan yang kamu lakukan selesai sesuai dengan waktu yang telah disepakati. Manfaat lainnya yang dapat kamu peroleh adalah sebagai nilai tambah di CV mu. Nah, kemampuan desain grafismu akan sangat baik apabila kamu sertakan pada bagian ‘kemampuan/skills’ di CV mu.

Tertarik untuk belajar desain grafis? Tenang… seksi bidang infokom punya club baru nih yaitu MDC. Apasih MDC?

MDC merupakan program kerja baru dari seksi bidang infokom berupa kegiatan pembinaan dan pengembangan dalam bidang ilmiah yang bisa diikuti oleh seluruh anggota HIMATIKA ‘Geokompstat’. Meski sedang terkendala pandemi Covid-19, kegiatan ini tetap dilaksanakan secara daring/online melalui platform Big Blue Button. Kegiatan ini diawali dengan pemaparan materi oleh pemateri tentang kiat-kiat menggunakan perangkat lunak desain bernama Adobe Illustrator, kemudian dilanjutkan dengan merancang sebuah draft desain sederhana yang dapat diikuti oleh anggota dan diakhiri dengan diskusi tanya jawab antara pemateri dan anggota club.

Semoga kegiatan ini bermanfaat untuk seluruh anggota HIMATIKA “Geokompstat” yang ingin mengembangkan skill dan potensi dalam hal desain dan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu terselenggaranya acara ini.

HIMATIKA.. JAYA JAYA JAYA!

16Aug/20

PKM & KTI Club

Kreativitas merupakan paduan tiga unsur utama dalam diri manusia, yaitu: pikiran, perasaan, dan keterampilan. Nah, agar mahasiswa mencapai level kreatif, ketiga unsur tersebut diupayakan dengan program kreativitas mahasiswa (PKM). Kegaitan PKM mahasiswa. Melalui PKM, mahasiswa dapat membangun kecerdasan dalam berorganisasi, belajar untuk menjadi pemimpin, belajar untuk bertanggungjawab, dan bisa mengeluarkan ide yang dimilikinya untuk dijadikan sebuah proposal yang nantinya bila diterima mahasiswa bisa mendapat bantuan berupa pendanaan untuk mengembangkan idenya.

Karya Tulis Ilmiah adalah tulisan atau laporan tertulis yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian suatu masalah oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan. Mahasiswa tidak mungkin lepas dari kegiatan ilmiah, baik dalam bentuk kegiatan lisan (diskusi, seminar) maupun kegiatan nonlisan (menyusun laporan, makalah, skripsi, tesis, PKM). Kegiatan tersebut pada intinya adalah wadah untuk menyampaikan infomasi, gagasan, kajian, atau temuan hasil penelitian yang terkait dengan bidang-bidang keilmuan yang digeluti. Melalui hal tersebut mahasiswa diharapkan mampu memahami lebih dalam dan mengembangan disiplin ilmunya. KTI merupakan karya akhir yang dianggap bisa memberikan indikator kadar pemahaman ilmu mahasiswa yang bersangkutan.

Gimana? Berminat untuk mengetahui lebih dalam mengenai PKM dan KTI? Yuk gabung di PKM & KTI club.

PKM & KTI Club adalah salah satu inovasi terbaru pada kepengurusan HIMATIKA Geokompstat. PKM & KTI Club merupakan program kerja dari seksi bidang pendidikan yang baru dilaksanakan tahun ini. Kegiatan PKM & KTI Club ini fokus dalam pembinaan dan pengembangan kepenulisan karya ilmiah yang diikuti oleh anggota HIMATIKA ‘Geokompstat’. Kegiatan ini rutin dilaksanakan online melalui platform Big Blue Button mengingat saat ini masih terjadi pandemi Covid-19 sehingga kegiatan tidak dapat dilaksanakan langsung secara tatap muka. Pada awal kegiatan, pemateri memberikan penjelasan terkait tata cara penulisan PKM & KTI serta kiat-kiat sukses berprestasi dalam bidang kepenulisan dilanjutkan sharing pengalaman dari pemateri dan diakhiri dengan diskusi tanya jawab antara pemateri dan anggota club.

Kegiatan PKM & KTI 2020 ini sudah terlaksana pada tanggal 28 Juni 2020. Kegiatan ini berupa pembinaan tentang PKM & KTI yang dilaksanakan melalui Big Blue Button. Pemateri dalam kegiatan ini merupakan Mawapres Utama UNEJ 2019 yang juga telah berkecimpung di dunia kepenulisan karya tulis ilmiah cukup lama, yakni Meida Cahyaning Putri dari Fakultas Teknologi Hasil Pertanian. Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan memberikan banyak ilmu kepada para anggota club.

Semoga kegiatan ini bermanfaat untuk seluruh anggota HIMATIKA ‘Geokompstat’ yang ingin mengembangkan skill dan potensi dalam bidang kepenulisan dan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu terselenggaranya acara ini.

 

HIMATIKA.. JAYA JAYA JAYA!

10Aug/20

Pengumuman Peserta Lolos Abstraksi LKTI HIMATIKA “Geokompstat” 2020

Berikut daftar nama – nama peserta yang lolos ke babak Full Paper LKTI HIMATIKA “Geokompstat” 2020

No Nama Ketua Instansi
1 Ida Ayu Komang  Trisna Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
2 Rifqon Hakiki UM
3 Isa Nur Fibriyanti Universitas Jember
4 Ganda Kurniawan Universitas Jember
5 Arga Bayu Rachman Universitas Brawijaya
6 Dita Ratnasari UNAIR
7 Natasya Shaheran UNM
8 Ramli Firdaus Kusnadi Universitas Jember
9 Cindy Romarizka Universitas Jember
10 Immas Universitas Jember
11 I Gede Guntur Saputra Politeknik Negeri Bali
12 Alfina Atikakhairun Nisa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
13 Muhammad Asroril PENS
14 Ria Octa Vioni Universitas Nusantara PGRI Kediri
15 Mohammad Hilfi UNM